Banyak di antaranya untuk pertama kalinya memperhatikan secara benar-benar usaha yang serius untuk mengetahui dengan tepat apa yang diingini oleh pelanggan dan pelanggan memang mempunyai hak tersebut dalam produk dan pelayanan. Ini adalah pendekatan yang disebut "oriemasi pada pelanggan", Konsep tersebut dapat berhasil dengan sukses terutama bagi beberapa konsultan arsitek yang pertama-tama menggunakannya secara efektif pada pasar yang sama. Sayang, tidak ada konsultan arsitek yang dapat menyembunyikan kemajuan pemasarannya di dalam lemari perusahaannya.

Keberhasilan menampakkan dirinya dalam bentuk produk yang lebih banyak memberikan nilai bagi pelanggan, dalam cara pendekatan baru pada sistem distribusi kadang-kadang berbeda secara radikal dari cara yang lama, dalam prosedur penetapan harga yang berbeda, dalam peraturan keuangan yang baru, dan dalam cara-cara lain yang sukar disembunyikan. Semua bukti keberhasilan tersebut, pada hakekatnya sukar disembunyikan, karena keberhasilan tersebut jika dikahendaki efektif harus secara terbuka dikemukakan kepada pelanggan. Hal ilu berani juga memamerkannya kepada pesaing. Kemudian para pesaing mencontoh teknik pemasaran yang berhasil ini, dan kesanggupan bersaing dari produk atau perbedaan cara pemasaran menjadi hilang sama sekali.

Sesudah mencapai tilik mati itu, arsitek yang agresif tentu bertanya: "Sekarang bagaimana?" Waktu untuk menyusun rencana untuk mendapat jawaban di atas, banyak arsitek menarik kesimpulan, bahwa cara pendekatan pemasaran yang mereka gunakan secara efektif juga mengenalkan faktor-faktor lain ke dalam kehidupan arsitek, yang sebelumnya barangkali sebagian atau seluruhnya tidak ada yaitu usaha serius dalam perencanaan yang efektif.

Dalam banyak hal pemasaran telah memaksakan penggunaan secara lebih formil, karena pemasaran yang sukses disusun atas dasar integrasi fungsi-fungsi dengan memperhatikan motivasi pelanggan untuk menukarkan uangnya dengan produk dan jasa yang ditawarkan. Pengalaman perencanaan telah dapat berkembang dalam banyak hal untuk pertama kalinya sewaktu cara-cara yang paling efektif guna mencapai integrasi itu ditingkatkan. Dan yang menarik karena pekerjaan perericanaan bersifat intern perusahaan, yaitu satu fase dari proses pemasaran yang dipandang panting karena hal tersebut tidak bisa dilihat dan ditiru oleh pesaing. Sudah tentu beberapa konsultan arsitek telah lama mengakui kebutuhan perencanaan yang efektif, dan barangkali bagi mereka proses ini merupakan sesuatu yang biasa. Tetapi bagaimanapun juga hal ini umumnya tidak benar. Terlampau sedikit konsultan arsitek yang telah menganggap pelaksanaan perencanaan konsultan arsitektur secara serius; mereka lebih mementingkan mencapai keuntungan persaingan dengan melalui produksi, teknik, dan kecakapan pemasaran. Pada saat ini konsultan arsitek tersebut merupakan bagian terbesar yang berpaling pada proses perencanaan sebagai jawaban atas keadaan yang semakin bersaing pada pasar mereka yang khas.

Untuk membenarkan uraian di atas, diperlukan usaha pemikiran sedikit banyak daripada sekedar hanya riset introspeksi yang berupa sekejap latihan pikiran. Pertama, pilihlah pasar yang anda kenal. Selanjutnya, pikirkanlah berturut-turut urutan lima buah konsultan arsitektur saingan utama yang terjun bersama anda dalam pasar tersebut. Kemudian susunlah kelima konsultan arsitek tersebut dengan urutan keberhasilan mereka, terutama ditinjau dari segi profitabilitas. Terakhir, susunlah konsultan arsitektur tersebut berdasar kesanggupan mereka dalam perencanaan secara relatif.

Dalam banyak hal, kedua langkah terakhir ini dapat dilakukan bersamaan. Adalah menarik, bahwa kalangan yang bergerak dl bidang keuangan telah menyadari akan kebutuhan atas perencanaan efektif ini. Bank secara historis selalu memeriksa neraca keuangan sebelum mengambil keputusan mengenai sesuatu pinjaman. Pada waktu ini, banyak bank mengajukan pertanyaan: Apa rencana konsultan arsitek anda? Lembaga investasi swasta juga mulai menilai perencanaan konsultan arsitek sebelum mereka melibatkan diri dalam usaha memenuhi kebutuhan konsultan arsitek tersebut melalui bagian modal (modal equity) lembaga itu, bahkan calon-calon yang mempunyai prospek untuk jabatan eksekutif dalam suatu konsultan arsitektur selalu bertanya mengenai perencanaan konsultan arsitek sebagai elemen untuk memutuskan secara pasti, apakah mereka dapat menerima pekerjaan tersebut.

Praktek ini pada kenyataannya telah juga merasuk jauh ke bawah tingkat jabatan eksekutif. Pada waktu ini banyak di antara para lulusan yang pandai dari ¬Ěsekolah bisnis yang meminta untuk dapat melihat secara sepintas rencana konsultan arsitek secara menyeluruh. Sebaliknya, lebih banyak konsultan arsitektur sekarang berpendapt bahwa gambaran yang menunjukkan paling sedikit bagian perencanaan mereka, dapat menjadi suatu metode persuasi yang mereka miliki untuk meyakinkan para calon pegawai perusahaan. Cara tersebut merupakan usaha yang berguna dari konsultan arsitek untuk mencapai sasaran tersebut. Dunia usaha semakin bergerak ke dalam suatu periode perencanaan, pertama-tama karena mereka telah membuktikan nilai dari aktivitas tersebut pada diri mereka sendiri.

Bagi banyak konsultan arsitek perbedaan kompetitif yang kritislah yang menjadi inti dari keberhasilan mereka, tidak seperti periode yang lalu, periode ini tampaknya akan tetap bersama kita dalam waktu yang jauh lebih lama. Sebab ciri periode perencanaan ini yaitu jangka waktu yang panjang berkaitan dengan siklus yang telah kita utarakan di muka.

Dengan kesanggupan baru yang diberikan oleh perencanaan, kita belajar bahwa penerapannya pada segi produksi meningkatkan kecakapan kita untuk bisa lebih bersaing dalam segi produksi dari pada masa lalu; bahwa penerapannya pada bidang teknik memungkinkan kita lebih bisa bersaing secara teknis; dan bahwa pengalaman selanjutnya dengan proses perencanaan akan memperbesar daya saing kita di pasar. Dalam konteks ini perencanaan menjadi suatu pendekatan arsitekial yang bisa digunakan oleh para arsitek fungsional. Dan dengan demikian, perencanaan dapat membuka kembali kesempatan untuk memperbesar daya saing yang dahulu telah pernah dilaksanakan.
Home
articles
architecture intro architecture price architecturearticles archi tecture news architecture gallery interior intro interior interior price interior articles interior news interior gallery about us company profile why us order procedure faqs contact us english articles directory category link exchange english articles
Metode Teknis Pada Konsultan Arsitek Dan Kendalanya